Pages Navigation Menu

Manfaat Bunga Matahari untuk Pengobatan dan Menjaga Kesehatan

Bunga matahari bisa kita kategorikan sebagai salah satu bunga terindah yang ada di dunia. Bagaimana tidak, warnanya yang kuning cerah dan bentuknya yang menyerupai matahai kala sedang bersinar mampu membuat suasana hati menjadi cerah ceria. Namun ternyata tidak hanya keindahannya saja yang bisa kita dapatkan dari bunga matahari, tapi juga segudang mafaat yang ada di dalamnya. Untuk itu, pada kesempatan ini saya akan berusaha menjabarkan tentang manfaat bunga matahari untuk pengobatan dan menjaga kesehatan.

Bunga yang bernama latin Helianthus annuus linn ini termasuk kedalam keluarga compositae. Selain terkenal sebagai tanaman hias rupanya bunga matahari juga terkenal karena khasiat yang terkandung di dalamnya. Beberapa masyarakat di dunia, termasuk di Indonesia sudah menjadikan bunga matahari sebagai obat tradisional.

Terdapat banyak sekali kandungan vitamin, zat, dan senyawa yang terkandung di dalam bunga matahari. Di dalam bunganya saja sudah ada senyawa helianthoside, echinocystic acid, quercimetrin, dan oleanolic acid. Sedangkan zat-zat yang terdapat pada biji bunga matahari adalah chlorogenic acid, 4-benzophyrene, phytin, prostaglandin E,quinic acid, dan beta-sitosterol. Belum lagi kandungan yang terdapat pada akarnya.

Untuk dijadikan obat tradisional, kita membutuhkan hampir semua bagian bunga matahari, seperti biji, daun, akar dan tentu saja bunganya. Akar dari bunga matahari itu sendiri memiliki manfaat untuk mengatasi radang saluran nafas, batuk rejan, infeksi saluran kencing, keputihan dll. Biji dari bunga matahari juga sangat bermanfaat untuk mengatasi beberapa penyakit seperti disentri berdarah, sakit kepala berlebih, campak dan juga bisa menambah nafsu makan.

Sedangkan untuk bagian bunga dari tanaman bunga matahari tersebut, memiliki khasiat dalam menyembuhkan hipertensi, mengulangi rasa sakit saat haid, menstruasi, pusing sakit gigi dll. Jadi kita bisa lihat betapa berkhasiatnya bunga matahari dalam pengobatan tradisional.

Salah satu contoh pengobatan dengan obat tradisional biji bunga matahari:

Mengobati Pusing/Sakit Kepala

Dalam mengobati penyakit ini kita butuh bunga matahari seberat 30gram dan satu butir telur ayam. Rebus kedua bahan tersebut hingga matang dengan kondisi telur jangan dulu dipecahkan. Kemudian kita bisa meminum air hasi rebusan tadi setiap habis makan.

Sumber: http://manfaatbuahdaun.blogspot.com/2014/01/manfaat-bunga-matahari-untuk-kesehatan.html | sumber gambar 1 : klancengsragi.blogspot.com. sumber gambar 2 : manfaatdankandungan.blogspot.com

Manfaat Bunga Matahari untuk Pengobatan dan Menjaga Kesehatan 5.00/5 (100.00%) 1 vote

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *