Pages Navigation Menu

Gejala Diabetes Melitus

Gejala Diabetes Melitus

Gejala- gejala umum yang biasa terjadi pada penderita diabetes melitus yaitu sebagai berikut

  • Penurunan pada berat badan

Penurunan berat badan biasanya terjadi pada penderita diabetes tipe 1 yaitu disebabkankarena faktor genetik. Pankreas pada penderita diabates berhenti membuat insulin akibat serangan virus pada sel-sel pankreas atau respons autoimun yang membuat tubuh menyerang sel-sel yang memproduksi insulin. Akibatnya, tubuh akan kesulitan mencari sumber energi karena sel-sel tidak memperoleh glukosa. Kemudian tubuh mulai memecah jaringan otot dan lemak untuk energi sehingga berat badan terus menyusut.Pada penderita diabetes tipe 2 yang disebabkan karena faktor perubahan gaya hidup, penurunan berat badan terjadi secara bertahap dengan peningkatan resistensi insulin sehingga penurunan berat badan tidak begitu terlihat pada penderita.

Gejala Diabetes Melitus

  • Frekuensi buang air kencing meningkat

Hal ini disebabkan karena glukosa dalam darah yang berlebih karena kadar insulin yang jumlahnya sedikit menyebabkan ginjal tidak bekerja optimal dalam menyaring glukosa untuk kembali ke darah. Jika hal ini terjadi, maka kandung kemih akan cepat penuh dan inilah penyebab frekuensi buang air kencing menjadi meningkat.

  • Sering merasa haus

Gejala Ini disebabkan karena sering buang air kencing, seperti yang telah dijelaskan pada gejala diabetes berupa frekuensi air kencing meningkat, air dalam darah diambil untuk menghancurkan glukosa karena glukosa susah untuk dihancurkan. Maka air dalam tubuh kita akan terbuang banyak dan untuk mengatasinya maka penderita akan sering meminum air.

  • Sering mengalami kesemutan di bagian kaki dan tangan

Gejala ini disebut neuropati yang terjadi secara bertahap dari waktu ke waktu karena glukosa dalam darah tinggi dan akan merusak sistem saraf. Pada penderita diabetes tipe 2 terjadi secara bertahap, dan masyarakat sering tidak menyadari bahwa hal tersebut merupakan salah satu pertanda diabetes melitus.

  • Mudah lelah

hal ini terjadi karena produksi glukosa terhambat sehingga sel-sel makanan dari glukosa yang seharusnya didistribusikan ke semua sel dalam tubuh untuk membuat energi menjadi tidak berjalan secara optimal karena sel tidak mendapatkan asupan energi sehingga penderita akan merasa mudah lelah.

  • Penglihatan kabur, kulit kering atau gatal, sering terkena infeksi atau luka dan memar yang membutuhkan penyembuhan dalam waktu lama.
Gejala Diabetes Melitus 5.00/5 (100.00%) 3 votes

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *